Pelatihan Public Speaking Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Didepan Umum

pelatihan berbicara didepan umum
www.hypnopublicspeaking.com
Melatih Kemampuan Public Speaking

Pelatihan public speaking memang telah tersedia dimana-mana. Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar, semuanya bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Anda juga bisa melatih kemampuan public speaking Anda tanpa harus mengikuti pelatihan. Namun tentu saja, sebelumnya Anda harus tahu bagaimana cara memulainya. Pada dasarnya, teknik dasar public speaking itu selalu sama. Dibutuhkan penguasaan materi, kepercayaan diri dan dukungan dari aspek-aspek lainnya. Secara lebih jelas, semua itu dapat ditemukan di dalam kelas public speaking. Akan tetapi jika Anda ingin mencoba untuk melatih kemampuan Anda tanpa bantuan dari public speaker professional, tips berikut ini bisa sangat bermanfaat untuk Anda.

Tips Public Speaking

Perbedaan mendasar antara presenter berpengalaman dengan presenter kurang berpengalaman tidak hanya terletak pada kemampuan mereka dalam menyampaikan pesan. Dalam public speaking, timing juga perlu diperhatikan. Dalam public speaking, sangat tidak aman jika Anda langsung memulai presentasi dengan langsung masuk ke inti materi. Akan jauh lebih baik jika Anda memulainya dengan menarik perhatian audience melalui cara Anda masuk ke panggung, sikap Anda serta dari pernyataan pengantar. Sampaikan hal-hal ringan yang mampu menggelitik pikiran audience. Buat mereka merasa tertarik dan penasaran dengan apa yang akan Anda sampaikan. Setelah itu, barulah Anda bisa mulai masuk ke dalam inti materi. Kontak mata juga penting. Jika memungkinkan, cobalah untuk melakukan kontak mata ke setiap audience. Hal ini sangat efektif untuk membangun hubungan antara speaker dengan audience. Audience juga merasa menjadi bagian dari presentasi tersebut, bukan hanya sekedar penonton yang tidak penting. Dalam public speaking, ada istilah show off untuk memberi, bukan untuk mendapatkan. Apa yang Anda sampaikan haruslah bermanfaat bagi pendengar. Mencerdaskan mereka dan memberi mereka wawasan baru. Bukan hanya sekedar mempengaruhi dan membuat mereka mengikuti apa yang Anda harapkan. 

Prinsip memberi untuk menerima bisa diterapkan dalam public speaking. Karena itulah pembicara yang disegani biasanya juga mampu mengilhami dan menginspirasi para audience. Akibatnya, para audience juga merasa nyaman dan senang mendengarkan apa yang disampaikan kepada mereka. Teknik presentasi juga harus diperhatikan. Jeda dan intonasi tidak boleh dikesampingkan. Hal ini akan membuat presentasi tampak lebih hidup. Penekanan-penekanan pada pesan utama juga dapat diterima dengan lebih mudah oleh para audience. Selain itu, latihlah kemampuan berbicara Anda di depan publik sebanyak mungkin. Anda bisa melatihnya di kamar sendirian. Setelah itu, berlatih di depan audience yang Anda kenal. Minta saja keluarga atau teman-teman Anda untuk menyaksikan Anda presentasi. Cara ini juga cukup efektif untuk membangun kepercayaan diri Anda.

Tips Memilih Pelatihan Publik Speaking

Berlatih sendiri memang bisa menjadi solusi yang terjangkau. Namun dalam beberapa hal, Anda membutuhkan mentor atau pelatih untuk memperoleh lebih. Pelatihan public speaking juga sangat baik untuk mereka yang tidak tahu harus memulai latihan public speaking darimana. Namun jika Anda sudah pernah melatih kemampuan public speaking Anda sebelumnya, pelatihan public speaking benar-benar akan meningkatkan kemampuan Anda secara signifikan. Cara termudah untuk memperoleh pelatihan yang handal adalah dengan mempertimbangkan reputasi dan mentornya. Reputasi yang baik adalah indikasi baik. Ini berarti pelatihan public speaking tersebut memang telah mendapatkan pengakuan dari banyak pihak dan materi pelatihan public speaking mulai dari pengertian public speaking sampai praktek pelatihan berbicara didepan umum nya di praktekan juga.. Dengan kata lain, pelatihan tersebut memang benar-benar telah berhasil melatih banyak pembicara. Setelah mempertimbangkan reputasi, perhatikan pula fasilitas yang diberikan. Bandingkan dengan biaya yang harus Anda keluarkan untuk mendapatkan itu semua. Jika semuanya tampak sepadan, akan lebih mudah untuk mengambil keputusan dan memilih pelatihan public speaking.

Pengertian Public Speaking / Berbicara Didepan Umum

Menyimak Pengertian Public Speaking Serta Tekniknya

pengertian public seaking berbicara didepan umum www.hypnopublicspeaking.com
www.hypnopublicspeaking.com

Pengertian public speaking adalah ketrampilan berbicara seseorang di hadapan seseorang, sekelompok orang, sampai ribuan orang. Berdasar pengertian dari American Heritage Dictinonary, public speaking dipandang sebagai seni untuk berkomunikasi secara efektif di hadapan penonton. “Penonton” dalam arti tersebut jelas sekelompok orang yang menyimak seseorang yang sedang berbicara. Setiap orang memiliki kemampuan public speaking yang berbeda, mulai dari yang sangat sulit berbicara satu kalimat di depan umum, dapat berbicara dengan nyaman di depan umum, sampai dapat berbicara panjang lebar dan sangat menikmati ketika sudah berbicara di depan umum. Bagi Anda yang sudah terbiasa berbicara di depan banyak orang, tentu kemampuan public speaking terbilang baik. Namun bagaimana dengan orang-orang yang merasa kesulitan melatih kemampuan public speaking mereka padahal itu sangat perlu? Setelah menyimak pengertiannya, Anda tentu harus berlanjut pada teknik public speaking. Sehingga Anda dapat menjadi seseorang yang juga berbakat untuk melakoni public speaking.

Singkirkan Ketakutan Untuk Public Speaking

Anda perlu menyingkirkan ketakutan yang pasti muncul dalam diri. Seseorang yang tidak terbiasa untuk berbicara di depan umum, tentu akan merasa kurang percaya diri, tubuh gemetar, dan bingung kalimat apa yang akan diucapkan. Ketakutan tersebut penghambat Anda. Jika Anda ingin terampil dalam public speaking, maka singkirkan ketakutan tersebut. Dengan cara berlatih bicara panjang lebar mengenai topik tertentu di depan cermin atau di hadapan teman. Fokus dengan apa yang hendak Anda sampaikan. Dengan fokus, maka Anda akan lupa dengan ketakutan yang mungkin masih Anda rasakan. Anda dapat fokus jika memang menguasai apa yang Anda sampaikan. Untuk itu, pastikan sebelum mulai melakukan public speaking, persiapkan materi dengan matang. Kemudian mencoba untuk bersikap santai dalam public speaking dengan sekali-kali melakukan kontak mata dengan orang yang mendengarkan Anda bicara. Semakin terbiasa melakukan kontak mata, maka Anda akan semakin nyaman dengan situasi di depan Anda.

Body Language Saat Public Speaking

Body language penting untuk public speaking. Orang akan memperhatikan pembicara mulai dari cara berbicara, bergerak, sampai kesan yang diperlihatkan. Jika pembicara merasa gemetar, maka orang akan menyadarinya, jika pembicara merasa tidak nyaman, maka orang pun akan menyadarinya. Body language seorang public speaking yang belum tahu tekniknya, maka ketika belum terampil dalam berbicara, akan memperlihatkan tangan masuk ke saku celana, meremas pergelangan tangan, sampai bersikap yang membuat orang lain juga merasa terganggu. Untuk itu, Anda harus melakukan teknik berikut, berlatih mimik wajah saat public speaking, mencoba menggerakkan tangan dengan lebih santai, memperlihatkan ketegasan pada mata Anda saat menyampaikan materi. Latih semua teknik public speaking tersebut sebagai bagian body language Anda.

Materi Yang Terstruktur

Kemungkinan orang yang merasa tidak terampil saat public speaking karena ketika menyampaikan materi di depan banyak orang atau di depan umum secara tidak terstruktur. Individu merasa bingung dengan apa yang disampaikan begitu juga orang lain. Sehingga menimbulkan rasa gugup saat public speaking sehingga sangat penting mulai menyimak pengertian public speaking sampai tekniknya. Dengan teknik menyampaikan materi secara terstruktur, maka akan jauh lebih membantu Anda. Persiapkan materi jauh-jauh hari. Ketika hari H tiba, jangan langsung menyambut penonton dengan materi Anda. Gunakan teknik membangun komunikasi ditahap awal seperti mengajak mengobrol atau bertanya seputar materi agar Anda dan penonton lebih rileks. Kemudian mengarah pada materi yang akan Anda sampaikan. Jika memerlukan peraga, maka gunakan. Terkadanga dalam teknik public speaking, peraga dapat membantu mengatasi rasa kurang percaya diri si pembicara.Terus latih kemampuan Anda dalam public speaking dan baca 7 Tips Dalam Public Speaking agar lebih terampil tidak sekadar tahu pengertian public speaking.

5 Kesalahan Dalam Public Speaking

kursus public speaking 5 kesalahan dalam berbicara didepan umum

Kesalahan dalam public speaking atau berbicara didepan umum adalah kesalahan yang banyak dialami para pembicara, kesalahan ini rata-rata tidak disadari sehingga secara tidak langsung akan mengakibatkan presentasi nya menjadi kurang maksimal, untuk itu lah kami selalu mengadakan pelatihan public speaking agar orang yang ingin belajar berbicara didepan umum bisa benar-benar memperoleh teknik public speaking yang baik dan benar.

Berikut adalah 5 kesalahan yang dilakukan pembicara ketika berbicara didepan umum.

1. Berbicara terlalu cepat

Berbicara yang terlalu cepat akan mengakibatkan artikulasi dari kata yang diucapkan menjadi tidak jelas, hal ini tentu akan membuat pesan yang akan disampaikan oleh speaker menjadi tidak maksimal, atau bahasa lain nya adalah belibet, ketika kita berbicara didepan umum dengan terlalu cepat maka audience yang mendengarkan kita akan menjadi bingung, karena cara bicara yang terlalu cepat.

2. Berbicara terlalu lambat

Banyak peserta yang belajar public speaking juga mengalami hal ini, berbicara terlalu lambat sehingga karena terlalu lambat nya akan membuat jeda dengan kata "eee" atau bahkan efek lain nya adalah lupa dengan materi yang akan disampaikan, jadi sebaiknya jika anda selama ini belum bisa mengontrol kecepatan berbicara anda, anda bisa mengikuti pelatihan public speaking.

3. Meniru gaya pembicara lain

Sebenarnya sah2 saja meniru gaya pembicara lain, selama hal itu masih wajar dan tidak menghilangkan ciri khas yang kita miliki, karena sebagai seorang pembicara kita harus memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pembicara lain. Sebaiknya meniru gaya pembicara lain secara total dihindari, namun jika hanya sebagian yang kita anggap cocok dengan diri kita maka itu sah2 saja, jika anda ingin mengetahui karakter dan kepribadian anda dan menemukan cara agar bisa memiliki ciri khas, anda sebaiknya ikut dalam seminar-seminar tentang public speaking atau kursus berbicara didepan umum.

4. Tidak menatap audience

Sebagai seorang pembicara anda harus mampu mendistribusikan pandangan anda ke seluruh audience yang hadir, agar audience yang mendengarkan anda merasa anda perhatikan. Bagi sebagian orang menatap mata audience adalah sesutau yang kurang nyaman, jika anda merasa seperti itu sebaiknya sapukan pandangan anda secara global, dan pandang dahi nya saja, supaya anda merasa tetap nyaman dan audience anda juga merasa diperhatikan.

5.Memasukkan tangan ke saku

Bagi sebagian orang memasukkan tangan ke saku menjadikan nya lebih nyaman dan menghilangkan rasa takut atau grogi malu minder dan demam panggung, dari pada anda memasukkan tangan anda ke saku, sebaiknya anda baca : cara mengatasi rasa takut berbicara didepan umum. Memasukkan tangan ke dalam saku merupakan tindakan yang kurang sopan ketika anda berbicara didepan umum dan menunjukkan keangkuhan atau kesombongan sehingga kesalah dalam public speaking tersebut harus dihindari agar kegiatan public speaking anda menjadi menarik dan sukses.

Itulah 5 kesalahan yang banyak dialami oleh para pembicara atau speaker yang sedang melakukan kegiatan public speaking, selain kesalahan kesalahan diatas yang harus anda perhatikan ketika sedang berbicara didepan umum adalah anda harus mampu membuat audience atau penonton yang hadir selalu fokus dengan apa yang anda sampaikan, dan kabar buruknya adalah ternyata masih banyak juga yang belum bisa membuat audience fokus kepada pembicara, hal ini menyebabkan pembicara nya akhirnya merasa kurang percaya diri karena menganggap apa yang disampaikan nya kurang berbobot dan kurang menarik sehingga akan menghilangkan rasa percaya diri.

Jika anda termasuk orang yang tidak bisa membuat audience anda fokus sebaiknya anda membacar artikel saya yang berjudul : Cara Membuat Audience Fokus. Dan sebagai seorang pembicara yang harus kita lakukan anda selalu belajar, dan mengasah kemampuan kita dalam public speaking, karena public speaking adalah ketrampilan, dan ketrampilan hanya bisa kita raih dengan cara berlatih dan terus meningkatkan jam terbang kita. Salam Sukses. ( Ahmad Baihaqi )

Cara Mengatasi Ketakutan Berbicara Didepan umum

kursus public speaking pelatihan berbicara didepan umum cara meningkatkan percaya diri
www.hypnopublicspeaking.com
Public speaking atau berbicara didepan umum ternyata bagi sebagian besar orang adalah sebuah kegiatan yang sangat menakutkan, banyak sekali orang yang sangat ketakutan ketika harus di hadapkan pada kegiatan public speaking.

Banyak sekali alasan yang menjadikan seseorang mengalami ketakutan berbicara didepan umum seperti trauma, trauma berbicara didepan umum biasanya di alami oleh orang yang pernah berbicara didepan umum namun pada saat berbicara didepan umum mengalami hal yang kurang menyenangkan, seperti ditertawakan, tidak diperhatikan audience, lupa materi, suara yang terdengar gemetar dan lain-lain sehingga hal itu terus membekas dan sulit sekali dilupakan, dan pada akhirnya ketika harus dihadapkan pada public speaking maka memory trauma nya akan muncul kembali dan menyebabkan ketakutan nya kembali lagi.

Pada dasarnya kegiatan public speaking adalah kegiatan yang sangat menyenangkan karena dengan public speaking maka seseorang mampu mengaktualisasikan kemampuan dan mengekspresikan diri nya, kegiatan public speaking adalah kegiatan yang sangat penting, karena dengan public speaking dapat mempercepat proses kesuksesan kita dalam hal apapun.

Saya akan membagikan tips bagaimana cara mengatasi ketakutan berbicara didepan umum.

1. Berpikir positif

Pada dasarnya rasa takut berbicara di depan umum adalah hanya ada dalam pikiran kita, terkadang kita berpikir negative sebelum tampil, takut audience tidan mendengarkan kita, takut salah bicara, takut gemetar, takut grogi, minder, takut kepada audience yang lebih pintar atau memiliki pengetahuan lebih tinggi dari kita, takut tidak bisa menjawab pertnyaan, dll. Ketakutan itu hanya ada dalam pikiran kita dan belum tentu pada saat kita tampil semua itu terjadi, untuk itu kita harus ubah ketakutan itu menjadi keberanian dengan cara berpikir positif, berpikir akan sukses dan tampil sempurna.

2. Persiapan yang matang

Jika anda adalah seorang public speaker pemula, atau anda orang yang sedang belajar berbicara didepan umum, sebaiknya anda persiapkan materi yang akan anda presentasikan dengan sebaik-baiknya, hal yang harus anda persiapkan sebelum berbicara didepan umum selain materi yang akan anda bawakan, anda juga harus persiapkan detil yang akan anda gunakan saat presentasi seperti pakaian, sepatu, peralatan elektronik seperti laptop, pointer, lcd proyektor, pulpen, buku, hp, jangan lupa siapkan hp yang bisa koneksi internet dengan lancar, jangan lupa juga simpan materi anda di email, untuk menghindari jika swaktu-waktu laptop anda rusak, sehingga anda tetap bisa presentasi dengan laptop lain.

3. Latihan presentasi dengan cara diucapkan

Yang tidak kalah penting dalam persiapan adalah latihan melakukan presentasi dengan cara diucapkan, terkadang kita sudah memiliki planning yang matang tentang materi yang akan kita ucapkan, namun pada kenyataan nya pada saat sudah di panggung kita justru lupa materi yang akan kita sampaikan, untuk itulah latihan sambil mengucapkan materi yang akan kita sampaikan sangat penting, karena denga mengucapkan materi yang akan kita presentasikan membuat memory alam bawah sadar kita menangkap jauh lebih banyak dari pada saat kita tidak mengucapkan.

4. Persiapan fisik

Inilah yang sering dilupakan banyak orang yang akan presentasi, yaitu persiapan fisik yang fit, fisik yang sehat akan membantu meningkatkan konsentrasi kita, untuk itu beberapa hari sebelum presentasi sebaiknya berbagai hal yang akan digunakan untuk presentasi sudah dipersiapkan dengan baik, supaya menjelang presentasi dilakukan kita dapat beristirahat dengan cukup, pada malam hari nya anda harus istirahat agar keseokan harinya anda cukup istirahat dan fit. Jika anda ingin mengetahui cara agar  public speaking anda menarik, silakan baca Tips Public Speaking.