Cara menyusun materi presentasi

Cara Menyusun Materi Presentasi
cara menutup presentasi dalam public speaking

Sebuah presentasi akan berjalan dengan baik manakala sang penyaji atau presentator memiliki persiapan yang baik. Salah satunya didukung oleh materi presentasi yang telah dipersiapkan sebelumnya.
Materi presentasi adalah pokok pembicaraan yang ingin disampaikan kepada audiense atau pendengar. Materi presentasi ibarat ruh dan bisa menjadi daya tarik bagi audiense jika disusun dengan baik. Sebalikanya materi yang disusun apa adanya akan membuat presentasi seseorang terkesan hambar.
Pertanyaan yang kemudian muncul adalah bagaimana cara menyusun materi presentasi yang baik dan menarik? Yuk simak sama-sama ulasan berikut ini.

Siapkan Bahan Materi

Langkah pertama yang diperlukan dalam menyusun presentasi adalah menyiapkan bahan-bahan. Bahan untuk materi presentasi bisa diperoleh dari sumber mana pun. Yang penting bahan tersebut sesuai dengan topik pembicaraan dan relevan untuk disampaikan nantinya saat presentasi.
Sumber bahan materi untuk presentasi bisa merujuk pada buku, jurnal, surat kabar, majalah, maupun bahan-bahan dari media elektronik seperti televisi, radio, dan internet. Penyaji harus kreatif dalam menggali berbagai bahan.

Susun Materi Secara Sistematis

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan sudah terkumpul, langkah selanjutnya adalah menyusun materi presentasi. Ada dua pola penyusunan materi presentasi yang bisa Anda pilih dan terapkan.
Pertama, menyusun materi presentasi dengan mengikuti pola umum yang biasa digunakan dalam presentasi yaitu dimulai dari pengantar atau pendahuluan. Selanjutnya masuk pada pokok atau isi pembicaraan. Dan terakhir adalah penutup yang mencakup kesimpulan dan saran. Secara singkat pola penyusunan tersebut meliputi pendahuluan, pembahasan, dan penutup.

Cara menyusun materi presentasi yang kedua adalah dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan atau jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Misalnya Anda berbicara tentang kesehatan. Lalu Anda mengajukan pertanyaan bagaimana tingkat kesehatan masyarakat dewasa ini. Selanjutnya Anda menjelaskan uraian atas pertanyaan tersebut.
Seorang penyaji bisa juga mengkombinasikan kedua pola tersebut dalam menyusun materi presentasinya. Materi pendahuluan bisa disisipkan dengan pertanyaan. Kemudian diulas pada bagian pembahasan serta penutup yang menyimpulkan isi dan pokok pembicaraan.

Gunakan Bahasa yang Dipahami Audiense

Dunia akademik berbeda dengan dunia bisnis dan perkantoran. Sehingga dalam menyusun materi presentasi harus diperhatikan penggunaan bahasa dan kalimat yang tepat. Sesuai bahasa dan kalimat materi dengan pemahaman pendengar.
Seorang penyaji bisa saja menggunakan bahasa ilmiah dan teoritis untuk dunia akademik. Tidak demikian dengan dunia bisnis dan perkantoran yang umumnya menggunakan bahasa lebih formal dan praktis. Begitu pula saat melakukan presentasi pada khalayak luas, bahasa yang digunakan bisa dikombinasikan antara bahasa formal dan informal.

Fokus Pada Topik

Dalam menyusun materi presentasi seorang presentator harus memfokuskan materinya pada pokok pembicaraan atau topik. Susunlah materi dengan baik dan menarik yaitu fokus pada materi. Upayakan agar materi yang dibuat tidak melebar atau keluar dari bahasan. Misalnya Anda menyusun materi tentang kesehatan, maka materi yang dibuat haruslah tentang kesehatan bersifat spesifik.
Selain fokus, seorang penyaji juga harus bisa mengembangkan ide-ide menarik yang berkaitan dengan topik presentasi.

Manfaatkan Aplikasi Presentasi

Setelah Anda menyiapkan materi dan menyusunnya, langkah berikutnya adalah menyiapkan materi presentasi dalam aplikasi power point. Berbagai desain menarik dalam power point bisa dipilih guna mendukung materi yang ingin disampaikan pada audiense.
Nah, cara menyusun materi presentasi menggunakan power point sebaiknya gunakan jenis huruf (font) secara seragam dan ukuran huruf (size) yang sesuai. Misalnya gunakan huruf arial atau georgia dengan ukuran 24. Penggunaan gambar atau simbol juga dimungkinkan dalam power point. Dan yang paling penting dalam presentasi agar berkesan adalah metode menutup presentasi, jika anda ingin tahu bagaimana menutup presentasi yang baik dan benar, silakan anda baca : Cara menutup presentasi yang baik dan benar Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian!