Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Berbicar Didepan Umum

cara meningkatkan rasa percaya diri


Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri? Kurang optimis dengan apa yang dimiliki atau pada hal yang dikerjakan tidak jarang membuat rasa percaya diri menjadi kendur dan bahkan hilang. Seiring dengan waktu bila kondisi demikian dibiarkan berlanjut bisa jadi membuat seseorang merasa asing dengan lingkungannya sendiri. Pasalnya seseorang tersebut akan terus dihinggapi rasa takut salah dan merasa kurang padahal masih ada kelebihan lain yang dimiliki.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri. Membangun rasa percaya diri pada remaja atau dewasa mungkin membutuhkan waktu khusus. Lantas apa yang mesti dilakukan agar rasa percaya diri bisa ditingkatkan? Berikut merupakan tips-tips yang bisa Anda coba ketika mendapati rasa percaya diri tengah turun:

  • Kenali Hal-Hal yang Membuat Anda Tidak Nyaman
Setiap orang pastinya memiliki beberapa hal yang membuat tidak nyaman. Misalnya karena ada komedo atau jerawat di wajah, tubuh yang gemuk, atau faktor yang lainnya. Coba tuliskan hal-hal tersebut pada selembar kertas. Perlu diingat bahwa tidak ada seorang pun yang sempurna. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Adapun bersyukur atas apa yang dimiliki merupakan salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri yang efektif.

  • Kenali Kesuksesan Anda
Kenali dan temukan kelebihan Anda. Setiap orang pastinya memiliki bakat tertentu yang patut dibanggakan. Misalnya Anda jago dalam satu bidang, maka usahakan untuk fokus dan mengembangkan bakat tersebut.

  • Berpikir Positif
Usahakan selalu berpikir positif. Tanamkan keyakinan bahwa diri Anda memiliki kelebihan. Bila Anda selalu memandang rendah pada diri sendiri, maka orang lain bisa jadi melakukan hal yang sama. Karenanya hindari mencari simpati atau belas kasihan orang lain. Jangan takut untuk unjuk gigi akan kualitas dan bakat yang Anda miliki.

  • Berpakaian Rapi
Cara berpakaian yang salah terkadang bisa membuat seseorang kehilangan percaya diri. Memang benar pakaian tidak akan membuat orang lebih berkualitas. Akan tetapi, cara berpakaian Anda sebenarnya bisa mempengaruhi cara berpikir Anda pada diri sendiri. Saat Anda merasa tidak terlihat baik, maka akan muncul perasaan kurang percaya diri. Hal inilah yang mengubah pembawaan dan cara berinteraksi Anda dengan orang lain.

  • Berbicara dan Tersenyum
Dari hasil penelitian didapati bahwa banyak orang merasa takut berbicara atau bertanya dalam suatu kelompok karena takut berbicara hal-hal konyol. Beberapa orang diketahui memiliki ketakutan yang sama. Hilangkan rasa takut tersebut. Karena dengan berusaha berbicara pada setiap waktu diskusi bisa melatih Anda menjadi pembicara handal. Tidak hanya itu saja, dampak lainnya Anda pun akan merasa lebih menghargai gagasan Anda sendiri. Namun, jangan lupa untuk selalu tersenyum. Pasalnya orang-orang selalu senang dengan wajah penuh senyum.

  • Tatap Mata Lawan Saat Berbicara
Cara meningkatkan rasa percaya diri selanjutnya tatap mata lawan saat Anda berbicara. Kontak mata dapat menjadi tanda bahwa Anda percaya diri. Sebaliknya menghindari kontak mata dan hanya memanang langit-langit atau memandang ke arah lain cenderung mendorong perasaan menjadi ragu dan malu. Adapun bila Anda memang masih merasa takut untuk melakukan kontak mata dengan lawan bicara cobalah untuk menatap alis atau hidungnya lebih dulu. Tatapan tersebut cukup efektif membuat lawan bicara seolah sedang bertatap mata dengan Anda.


Itulah beberapa cara meningkatkan rasa percaya diri yang bisa Anda coba. Bagi beberapa orang rasa percaya diri memang perlu dipupuk sehingga bisa tampil bebas tanpa merasa gugup.Jika anda ingin meningkatkan rasa percaya diri, ada baiknya anda juga baca cara menjadi sukses tanpa canggung berbicara didepan umum Semoga memberi tips yang bermanfaat. Sekian.