Cara mengatasi rasa malu berbicara didepan umum

cara mengatasi rasa malu berbicara didepan umum

Sifat Pemalu Dan Minder Jangan Dipupuk, Ini Cara Mengatasinya 
Sifat pemalu mungkin akan dianggap manis oleh beberapa orang baik bagi pria maupun wanita. Namun memilki sifat pemalu bisa menjadi hambatan tersendiri dalam hubungan sosial. Orang yang pemalu cenderung sungkan untuk mengambil inisiatif dan mengutarakan pendapatnya secara bebas. Oleh karena itu orang yang pemalu akan sulit untuk maju ke depan karena merasa tidak percaya diri alias minder. Dalam beberapa aspek sifat pemalu juga dibutuhkan, bagaimanapun juga bersikap berlebihan justru membuat malu orang lain dan mempermalukan diri sendiri. Namun sebaiknya si pemalu bisa mengalahkan kekurangannya terutama di saat-saat yang penting dan membutuhkan keberanian.
Tarik napas dalam-dalam dan pelan-pelan
Orang dengan sifat pemalu biasanya adalah tipe introvert, Orang dengan kecenderungan introvert tidak menyukai berada di keramaian dan menjadi pusat perhatian. Maka dari si pemalu cenderung merasa gugup dan agak panik ketika diminta untuk mempresentasikan sesuatu di depan audiens. Cara mengatasi malu, minder saat presentasi, cobalah untuk menarik napas perlahan-lahan dan semangati diri Anda sendiri. Yang membuat sulit untuk maju ke depan adalah banyaknya hal yang dipikirkan yang kebanyakan bersifat negatif. Oleh karena itu jangan biarkan pikiran negatif masuk ke dalam pikiran, lalu berilah audiens senyum agar suasana menjadi lebih rileks.
Siapkan mental untuk menerima kritikan
Orang dengan sifat pemalu dan introvert akan sulit ditebak isi pikirannya, khususnya ketika diberi saran atau kritikan. Untuk menunjukkan apresiasi Anda terhadap masukan yang diberikan tunjukkan bahwa Anda antusias dan berusaha untuk merubah diri. Anda memang tidak bisa menyenangkan semua orang tapi paling tidak saran dan kritikan yang baik bisa Anda pertimbangkan untuk kebaikan Anda sendiri.
Seringlah bersosialisasi
Cara mengatasi malu, minder selanjutnya adalah dengan banyak bertemu dengan orang minimal dengan teman-teman sendiri. Berkumpul bersama teman bisa melatih Anda untuk mengeluarkan pendapat dan bercanda dengan bebas. Sekumpulan orang dengan minat yang sama meskipun dengan kepribadian yang berbeda biasanya sering melakukan hal-hal yang di luar zona nyaman. Hal ini membantu Anda untuk mennyingkirkan sejenak rasa malu dan minder sehingga tanpa sadar sifat ini tidak lagi merugikan Anda. Jangan takut untuk berkenalan dengan orang baru karena bertemu dengan orang baru Anda bisa belajar untuk menyesuaikan diri dengan bermacam-macam tipe manusia.
Gali potensi
Memiliki potensi, bakat, atau kemampuan di bidang tertentu bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Bukan berarti sombong, tapi rasa percaya diri timbul karena Anda bisa melakukan sesuatu yang lebih baik daripada orang lain. Dengan berpegangan pada pikiran seperti itu, rasa malu bisa ditekan. Menggali potensi memang tidak mudah, namun Anda harus berani mencoba berbagai hal baru untuk menemukan minat dan bakat Anda. Mencoba hal-hal yang baru juga bisa menjadi cara mengatasi malu, minder karena Anda berani keluar dari zona nyaman Anda.
Jangan lari dari masalah
Jika Anda terus menghindari masalah maka Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik dan dicap sebagai orang pengecut. Dengan berani menghadapi masalah, rasa keberanian bisa menjadikan Anda pribadi yang lebih percaya diri dan memiliki tambahan pengalaman sehingga tidak menjadi katak dalam tempurung. Dalam melakukan sesuatu seperti pada mengajukan sebuah ide atau bahkan dalam hal percintaan penolakan adalah hal yang wajar. Menerima penolakan dengan lapang dada dan menerima masukan dari orang lain akan membuat Anda menjadi orang yang lebih kuat dan berkarakter. Dan ternyata selain rasa malu, banyak juga diantara kita yang sering mengalami demam panggung, saya anjurkan baca : cara mengatasi demam panggung