Cara mengatasi demam panggung

cara mengatasi demam panggung


Cara Mengatasi Demam Panggung yang Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi demam panggung pasti banyak dicari karena setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya demam panggung. Demam panggung biasanya diartikan saat kita harus berpdato, berbicara, tampil, atau presentasi di depan banyak audiens atau banyak orang. Di saat-saat seperti itu, Anda pasti akan merasa sangat gugup karena seakan-akan ada ratusan tatap mata yang memandang Anda pada saat Anda akan memulai pidato atau presentasi Anda di depan semua orang. 

Yang terjadi kemudian biasanya adalah keringat dingin yang bercucuran di sekujur tubuh Anda, jantung Anda akan berdebar kencang, cepat, dan tak beraturan, suara Anda akan bergetar, tubuh Anda akan gemetaran, dan yang paling parah adalah Anda akan mengalami blank atau seakan-akan hilang ingatan di depan banyak orang. Pasti rasanya tidak enak sekali kalau harus mengalami hal itu. Oleh karena itu, Anda harus paham cara-cara mengatasi demam panggung seperti berikut ini.

Cari Tahu Penyebab Anda Demam Panggung

Cara ini adalah cara paling dasar untuk mengatasi demam panggung Anda. Jika Anda sudah menduga-duga bahwa saat Anda nanti tampil Anda akan demam panggung, cari tahu kenapa Anda bisa merasa seperti itu. Contohnya, jika Anda tahu Anda akan demam panggung karena Anda takut tidak bisa menguasai penonton, Anda harus mencari tahu seperti apa audiens atau penonton Anda besok. Saat Anda sudah tahu penonton Anda, umpamanya, dari kalangan pengusaha, Anda harus mencari cara-cara untuk bisa menarik perhatian mereka. Contohnya, membuat guyonan atau humor yang berkatan dengan dunia pengusaha sehingga penonton Anda akan tertarik dan Anda bisa menguasai penonton.

Kuasai Materi dengan Baik

Salah satu alasan kenapa orang banyak yang demam panggung adalah karena mereka tidak menguasai materi. Contoh, saat mereka harus presentasi, mereka kurang menguasai materi yang akan mereka presentasikan. Hasilnya, mereka akan terlihat gugup dan kurang persiapan di depan banyak orang. Oleh karena itu, persiapkan materi Anda baik-baik jauh hari sebeluh hari H sehingga Anda akan punya cukup banyak waktu untuk memahami apa yang akan Anda sampaikan kepada penonton Anda. Jangan menghapal jika tidak terpaksa, pahami saja point-point materi Anda sehingga saat di panggung nanti Anda bisa berimprovisasi dan tidak terpaku pada satu teks tertentu.


Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri

Pada dasarnya, demam panggung terjadi karena Anda tidak percaya pada kemampuan diri Anda sendiri. Kalau Anda percaya Anda bisa, kenapa gugup? Oleh karena itu, percayalah dulu jika Anda bisa mengatasi audiens atau penonton. Tidak ada alasan Anda tidak bisa melakukan itu. Anda sudah menguasai materi, bukan? Kalau sudah menguasai materi Anda pasti sudah tahu nanti di atas panggung mau menyampaikan apa. Jangan bicara “tidak bisa” dulu karena itu malah akan menjatuhkan rasa percaya diri Anda. Percaya saja kalau Anda pasti bisa.


Jangan Panik


Rasa panik adalah sesuatu yang akan Anda rasakan saat Anda tidak tenang dalam menyikapi kegugupan Anda saat akan tampil di depan banyak orang. Oleh karena itu pada saat Anda tidak percaya diri atau gugup saat menunggu panggilan untuk tampil di depan banyak orang, bersikap tenanglah, tarik nafas panjang, dan berdoalah. Sesudah itu Anda pasti akan merasa lebih tenang. Ingat-ingat lagi kalau Anda sudah tahu nanti di atas panggung mau menyampaikan apa jadi tidak perlu ada yang ditakuti. Cara-cara mengatasi demam panggung seperti di atas dapat Anda gunakan kapanpun Anda merasa gugup saat akan tampil di depan banyak orang. Selain demam panggung, sering kali seseorang juga mengalami yang namanya grogi ketika berbicara didepan umum, jika anda mengalami grogi saat berbicara didepan umum, baca tips Cara mengatasi grogi ketika berbicara didepan umum.