Cara Mempelajari Public Speaking Agar Terlihat Profesional


Cara Mempelajari Public Speaking Agar Terlihat Profesional Dan Meyakinkan

Cara mempelajari public speaking – Kemampuan untuk berbicara di depan umum atau dikenal dengan istilah public speaking merupakan soft skill yang harus dikuasai oleh orang-orang yang bekerja terlibat dengan banyak orang. Public speaking penting untuk menyampaikan suatu idea tau menyampaikan hasil dari suatu usaha kepada orang-orang yang memiliki kepentingan. Oleh karena itu kemampuan public speaking harus diasah agar pesan yang ingin disampaikan diterima dengan baik dan dipahami oleh semua yang mendengarkan. Berbicara di depan orang banyak rasanya sangat berbeda jika dibandingkan dengan menyampaikan ide kepada atasan atau sesama rekan kerja. Bahkan banyak orang yang sebenarnya memiliki ide yang bagus namun kemampuan public speaking-nya rendah. Yang terjadi adalah peserta atau pendengar tidak bisa menangkap presentasi dengan baik dan meragukan kredibilitas si presentator. Bagaimana membangun keahlian public speaking agar lancar?

Bicara pelan tapi mantap

Berbicara dengan kecepatan sedang tapi lancar akan lebih baik daripada bicara terlalu cepat. Bicara dengan kecepatan yang terlalu cepat selain akan sulit dimengerti oleh pendengar akan membuat Anda cepat kehabisan bahan dan berakhir dengan kata jeda seperti “eee” “hmm” “uhh” dan lain sebagainya. Dengan bicara pelan suara Anda akan terdengar lebih jelas, lebih enak didengar, dan akan membuat Anda lebih fokus kepada bahan presentasi. Suara dan nada yang lebih mantap akan menunjukkan kepercayaan diri dan aura Anda sehingga lebih mudah untuk mempersuasi pendengar setuju dengan pendapat Anda.

Pertahankan kontak mata

Kontak mata sangat penting dalam membangun suasana yang intim dalam sebuah kesempatan public speaking. Dengan melakukan kontak mata dengan pendengar menunjukkan bahwa Anda berusaha untuk meyakinkan mereka dan bukan sekedar bicara di depan. Mempertahankan kontak mata dengan setiap pendengar juga membangun hubungan kedekatan secara personal sehingga maksud dari presentasi Anda dapat tersampaikan dengan baik. Pertahankan kontak mata untuk cara mempelajari public speaking.

Gunakan bahasa tubuh dan ekspresi wajah

Anda bisa merasakan sendiri bahwa orang yang presentasi akan terlihat membosankan jika dia hanya berbicara dengan nada monoton dan bahasa tubuh yang kaku. Tidak apa-apa jika Anda membutuhkan gerakan tubuh untuk mempertegas maksud dari kata-kata Anda. Gerakan tubuh untuk membantu menjelaskan maksud dari isi presentasi bisa menarik perhatian peserta dan menghindari kebosanan. Tunjukkan pula antusias Anda terhadap materi dengan ekspresi wajah, jika Anda sebagai presentator terlihat bosan maka pendengar atau audience akan lebih mudah merasa bosan. Berjalan-jalan keliling ruangan atau menggunakan alat untuk peragaan juga bisa dijadikan untuk mencegah kebosanan.

Practice makes perfect


Bahkan public speaker paling handal pun membutuhkan latihan berulang-ulang untuk memiliki keahlian public speaking yang dimilikinya sekarang. Jangan takut untuk berlatih berbicara mengulang-ulang materi yang ingin disampaikan. Apa yang ingin Anda sampaikan di otak bisa berbeda dengan gaya penyampaian Anda, maka dari itu untuk menyelaraskan apa yang ada di otak dengan yang keluar di mulut apalagi kalau bukan dengan berlatih. Sebelum dipercaya untuk membawakan presentasi di depan pendengar yang luas, atasan biasanya akan meminta Anda untuk presentasi di depan grup kecil. 

Gunakan kesempatan ini untuk melatih soft skill public speaking. Jangan ragu untuk minta masukan dari orang lain mengenai poin-poin kelemahan dan kelebihan Anda dalam berbicara dan menyampaikan bahan. Demikian adalah cara mempelajari public speaking sebagai soft skill untuk dapat bersaing dengan sumber daya manusia kompeten lainnya. Jika anda ingin lebih memahami tentang berbicara didepan umum, anda bisa baca : Cara melakukan public speaking dengan baik