Cara membuka presentasi dengan mamukau

Rahasia Pembukaan Presentasi Selama 10 Menit

cara membuka presentasi dengan memukau www.hypnopublicspeaking.com

Ada beragam cara membuka presetasi yang perlu dicoba supaya Anda tidak akan tampil membosankan dan ditinggalkan audiens. Yang kerap menghantui seseorang saat hendak melakukan presentasi ialah kualitas dari materi yang hendak disampaikan. Apakah nantinya akan dipahami oleh audiens, dan apakah sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi mereka? Namun semua upaya Anda akan sia-sia jika tidak mampu membuka sebuah presentasi yang mampu menggaet perhatian dari para hadirin di ruangan tersebut. Parahnya lagi, gaya presentasi yang terlalu panjang dan mengulur-ulur waktu  bisa menjadi bumerang yang mengancam penampilan Anda sendiri. Oleh sebab itu, berikut merupakan beberapa strategi pembukaan presentasi yang diharapkan mampu menjaga ikatan dengan audiens.

Sepuluh Menit Pertama

Seorang pakar di bidang komunikasi, Carmine Gallo menyatakan bahwa audiens akan meninggalkan Anda setelah sepuluh menit. Hal itu berarti bahwa jika Anda hanya membuka sebuah presentasi dengan gaya membosankan, maka para hadirin akan cepat bosan dan mengalihkan perhatian pada yang lain. Faktanya, kebanyakan otak manusia memang hanya bisa mengikuti atau fokus selama sepuluh menit dalam satu waktu. Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu sepuluh menit ini sebaik-baiknya untuk membuka presentasi yang hendak disampaikan. Resep ini sebenarnya sangat mirip dengan indikator standar untuk menikmati sebuah film yang bisa diamati dari lima belas menit pertama tepat ketika film sudah dimulai. Apakah film tersebut akan menarik atau membosankan, kuncinya terletak pada lima belas menit pertama.

Komunikasi Visual

Lalu apa yang harus Anda lakukan selama sepuluh menit pertama di depan audiens? Selain penampilan yang harus dipersiapkan dengan rapi, Anda harus mengikat mereka dengan kontak mata. Jangan sekali-kali menundukkan pandangan atau menghindari tatapan mata dari audiens di depan Anda. Kesalahan sedikit saja akan mengurangi tingkat kepercayaan mereka pada Anda sebagai seorang presentator. Selain tatapan mata yang tegas, jangan lupa untuk bersikap ramah dan hangat, melalui senyuman dan gestur tubuh yang alami.

Pengenalan

Anda sebaiknya melewati tahap ini jika sebelumnya sudah diperkenalkan oleh pembawa acara atau moderator. Sehingga Anda bisa menciptakan gaya pengenalan yang berbeda dan mungkin bisa langsung dirangkum dengan topik yang akan Anda sampaikan. Tapi jangan memulainya dengan hal yang sangat berat atau sangat serius. Ada baiknya momen ini dimanfaatkan sekaligus untuk memperkenalkan karakter Anda sebagai sosok yang ramah dan humoris. Meskipun jangan sampai melontarkan guyonan-guyonan yang sifatnya kaku atau menjemukan.

Ada banyak cara untuk membuka sebuah presentasi yang sekaligus menjadi sarana pengenalan diri dan topik yang akan disampaikan. Bisa dicoba dengan sebuah pertanyaan, data-data sederhana, kutipan, gurauan, cerita sebelum menghadiri presentasi, dan sebagainya. Tergantung dari kreativitas Anda sebagai seorang presentator yang tentunya harus memahami karakter atau mood dari para audiens saat itu.

Interaktif

Waktu sekitar sepuluh menit memang akan terasa sangat lama jika Anda berdiri sendirian di depan banyak orang, apalagi jika itu merupakan pengalaman pertama dalam presentasi. Namun jangan sekali-kali mengabaikan para audiens dan berusahalah untuk terus menjalin ikatan komunikasi dengan mereka. Sudah disinggung sebelumnya bahwa seorang presentator sebaiknya membangun kontak visual dengan mata. Selain itu, bangunlah hubungan yang lebih positif dengan mereka, misalnya dari cara mengidentifikasi audiens dengan gaya-gaya komunikatif. Nah, siapkah Anda merancang dan menerapkan strategi selama sepuluh menit pertama dalam pembukaan presentasi? Silakan menyusun bahan presentasi dan meracik resep-resep unik di dalam pembukaan. Jika anda ingin selalu ingat materi yang akan anda sampaikan, anda wajib baca : Cara mengatasi lupa materi saat berbicara didepan umum