Cara Melakukan Public Speaking Dengan Baik

Cara Public Speaking yang Baik

cara melakukan public speaking dengan baik


Cara public speaking biasanya harus dikuasai oleh semua orang karena pasti ada saatnya seseorang harus berpidato di depan umum. Contohnya, pidato sambutan saat kita menjadi ketua panitia atau pada saat presentasi di depan kelas dan lain-lain. Jika kita tidak bisa berbicara di depan umum, pastilah itu akan memalukan sekali karena dapatkah anda bayangkan tatapan-tatapan aneh dari orang-orang di depan anda saat anda tidak bisa berbicara atau tergagap-gagap di depan mereka. Maka dari itu, penting bagi kita untuk dapat berbicara di depan umum. Kalau anda ingin mengetahui cara mudahnya untuk dapat berbicara di depan umum, artikel ini akan membantu anda. Berikut tips-tips cara public speaking.

Percaya Diri

Anda tidak akan pernah bisa berbicara di depan umum apabila anda sudah tidak percaya diri dulu. Maka dari itu, penting bagi anda untuk dapat percaya pada kemampuan bicara anda di depan umum. Percayalah bahwa anda punya kemampuan yang cukup atau bahkan lebih untuk dapat menguasai penonton. Jangan minder dan percayalah bahwa anda punya kemampuan untuk berbicara dengan lancar di depan banyak orang. Jadi, saat anda nanti maju ke depan penonton anda atau naik ke atas panggung, anda tidak akan lagi berkeringat dingin dan gemetar ketakutan karena anda sudah punya rasa percaya diri yang tinggi.

Persiapan

Persiapan itu penting untuk mendukung kesiapan anda dalam melakukan public speaking. Kalau anda perhatikan, bahkan banyak orang penting yang masih membawa catatan kecil saat berpidato. Jangan malu dan gengsi untuk membawa catatan kecil saat berpidato. Selain itu persiapkan materi pidato anda jauh-jauh hari sehingga anda tahu apa yang harus anda katakan saat berpidato. Hal ini baik untuk menghindari “blank” sehingga ada tidak akan diam saja di depan penonton anda. Persiapkan materinya baik-baik, tulis inti-inti pidatonya di kertas kecil dan bawalah kertas tersebut pada saat anda maju berpidato. Jangan menghapal jika tidak perlu, jika anda menghapal, sekali anda lupa, hapalan anda akan hilang semuanya dan itu malah akan mengacaukan pidato anda.

Latihan

Jelas, latihan merupakan hal yang penting dalam mempersiapkan pidato anda. Berlatihlah di depan kaca kamar tidur anda dan beraktinglah seolah olah anda sedang berpidato di depan penonton anda. Jangan takut dan jangan minder. Anggaplah penonton anda itu seperti patung atau hanya seperti kursi kosong. Percaya diri saja dan jangan biarkan rasa gugup menguasai anda. Berlatihlah sesering mungkin sehingga anda akan menguasai materi pidato anda dan pada saatnya nanti anda naik ke panggung, anda tidak akan merasa gugup karena anda tahu anda sudah mengetahui materi pidato yang akan anda sampaikan kepada penonton.

Berdoa dan Tarik Nafas Dalam-Dalam

Sesaat sebelum maju melakukan pidato, jika anda benar-benar merasa gugup dan berkeringat dingin, tariklah nafas dalam-dalam dan berdoalah dalam hati sehingga hati anda akan merasa sedikit tenang dan tidak segugup sebelumnya. Ingatlah bahwa anda sudah menguasai materi pidato anda dan para penonton anda itu seperti patung atau hanya seperti kursi kosong. Dengan begitu, tidak akan lagi merasa gugup. Jangan lupa bawalah catatan kecil anda saat berpidato dan percayalah bahwa anda punya kemampuan untuk berbicara dengan lancar di depan banyak orang. Jika anda sudah mengetahui cara public speaking yang baik, anda akan dengan mudah menguasai penonton saat anda berpidato. Jika anda ingin menguasai public speaking dengan baik, sebaiknya anda baca dulu : Belajar Public Seaking / Berbicara Didepan Umum
https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif