5 Kesalahan Dalam Public Speaking

kursus public speaking 5 kesalahan dalam berbicara didepan umum

Kesalahan dalam public speaking atau berbicara didepan umum adalah kesalahan yang banyak dialami para pembicara, kesalahan ini rata-rata tidak disadari sehingga secara tidak langsung akan mengakibatkan presentasi nya menjadi kurang maksimal, untuk itu lah kami selalu mengadakan pelatihan public speaking agar orang yang ingin belajar berbicara didepan umum bisa benar-benar memperoleh teknik public speaking yang baik dan benar.

Berikut adalah 5 kesalahan yang dilakukan pembicara ketika berbicara didepan umum.

1. Berbicara terlalu cepat

Berbicara yang terlalu cepat akan mengakibatkan artikulasi dari kata yang diucapkan menjadi tidak jelas, hal ini tentu akan membuat pesan yang akan disampaikan oleh speaker menjadi tidak maksimal, atau bahasa lain nya adalah belibet, ketika kita berbicara didepan umum dengan terlalu cepat maka audience yang mendengarkan kita akan menjadi bingung, karena cara bicara yang terlalu cepat.

2. Berbicara terlalu lambat

Banyak peserta yang belajar public speaking juga mengalami hal ini, berbicara terlalu lambat sehingga karena terlalu lambat nya akan membuat jeda dengan kata "eee" atau bahkan efek lain nya adalah lupa dengan materi yang akan disampaikan, jadi sebaiknya jika anda selama ini belum bisa mengontrol kecepatan berbicara anda, anda bisa mengikuti pelatihan public speaking.

3. Meniru gaya pembicara lain

Sebenarnya sah2 saja meniru gaya pembicara lain, selama hal itu masih wajar dan tidak menghilangkan ciri khas yang kita miliki, karena sebagai seorang pembicara kita harus memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pembicara lain. Sebaiknya meniru gaya pembicara lain secara total dihindari, namun jika hanya sebagian yang kita anggap cocok dengan diri kita maka itu sah2 saja, jika anda ingin mengetahui karakter dan kepribadian anda dan menemukan cara agar bisa memiliki ciri khas, anda sebaiknya ikut dalam seminar-seminar tentang public speaking atau kursus berbicara didepan umum.

4. Tidak menatap audience

Sebagai seorang pembicara anda harus mampu mendistribusikan pandangan anda ke seluruh audience yang hadir, agar audience yang mendengarkan anda merasa anda perhatikan. Bagi sebagian orang menatap mata audience adalah sesutau yang kurang nyaman, jika anda merasa seperti itu sebaiknya sapukan pandangan anda secara global, dan pandang dahi nya saja, supaya anda merasa tetap nyaman dan audience anda juga merasa diperhatikan.

5.Memasukkan tangan ke saku

Bagi sebagian orang memasukkan tangan ke saku menjadikan nya lebih nyaman dan menghilangkan rasa takut atau grogi malu minder dan demam panggung, dari pada anda memasukkan tangan anda ke saku, sebaiknya anda baca : cara mengatasi rasa takut berbicara didepan umum. Memasukkan tangan ke dalam saku merupakan tindakan yang kurang sopan ketika anda berbicara didepan umum dan menunjukkan keangkuhan atau kesombongan sehingga kesalah dalam public speaking tersebut harus dihindari agar kegiatan public speaking anda menjadi menarik dan sukses.

Itulah 5 kesalahan yang banyak dialami oleh para pembicara atau speaker yang sedang melakukan kegiatan public speaking, selain kesalahan kesalahan diatas yang harus anda perhatikan ketika sedang berbicara didepan umum adalah anda harus mampu membuat audience atau penonton yang hadir selalu fokus dengan apa yang anda sampaikan, dan kabar buruknya adalah ternyata masih banyak juga yang belum bisa membuat audience fokus kepada pembicara, hal ini menyebabkan pembicara nya akhirnya merasa kurang percaya diri karena menganggap apa yang disampaikan nya kurang berbobot dan kurang menarik sehingga akan menghilangkan rasa percaya diri.

Jika anda termasuk orang yang tidak bisa membuat audience anda fokus sebaiknya anda membacar artikel saya yang berjudul : Cara Membuat Audience Fokus. Dan sebagai seorang pembicara yang harus kita lakukan anda selalu belajar, dan mengasah kemampuan kita dalam public speaking, karena public speaking adalah ketrampilan, dan ketrampilan hanya bisa kita raih dengan cara berlatih dan terus meningkatkan jam terbang kita. Salam Sukses. ( Ahmad Baihaqi )